Kamis, 12 Januari 2012

Khasiat Madu Dalam Pengobatan Diabetes


Khasiat Madu Dalam Pengobatan Penyakit Diabetes

Madu lebah sangat bermanfaat untuk penderita kencing manis/diabetes, selain untuk memberikan tenaga juga berguna untuk mengobati pankreas yang berfungsi untuk memproduksi insulin. Namun madu tidak boleh dikonsumsi dengan dosis yang tinggi, seperti pemanis dalam minuman.

Madu sebagai pengobatan diabetes tentu harus dipilih madu yang memiliki kualitas tinggi, yaitu mempunyai kandungan air dibawah 18% dan diambil dari bunga tumbuhan yang hidup di negeri-negeri padang pasir. Madu iran, madu syiria, madu sudan, madu mesir merupakan madu yang bisa digunakan dalam terapi kencing manis.

Dari sini lalu timbul suatu pertanyaan, mengapa terjadi peningkatan glukosa pada penderita penyakit diabetes setelah mengkonsumsi madu. Jika terjadi hal yang demikian maka kurangilah dosis madu tersebut, namun tetap diteruskan penggunaannya.

Ada beberapa kaidah dalam menangani penderita diabetes mellitus ini, diantaranya adalah :

1. Jangan sekali-kali menggunakan gula putih tetapi gantikan dengan gula merah/gula jawa.
2. Jangan menggunakan beras putih.
3. Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung santan.
4. Jangan memakan roti putih ( kecuali roti arab )

Ada dua herba lagi yang baik untuk penyakit diabetes, yaitu lada hitam dan kulit kayu manis. Masukkan sedikit lada hitam dalam nasi yang dimasak dan kulit kayu manis dalam apapun minumannya.


Maroji : Jawi Medical Herbs

1 komentar:

Anonim mengatakan...

TERIMA KASIH DENGAN INFORMASINYA , MUDAH-MUDAHAN BERMANFAAT BUAT ORANG BANYAK.

Posting Komentar