Sabtu, 21 April 2012

Daun Jambu Biji Mengandung Antibakteri




Daun Jambu Biji Mengandung Antibakteri

Makassar -- Banyak tanaman obat yang dapat kita dapatkan dengan mudah di sekitar rumah. Hanya saja kadang-kadang banyak yang tidak tahu khasiat tanaman-tanaman itu.

INDONESIA kaya sumber daya alam. Baik rempah maupun buah-buahan. Tak hanya buah tapi daun dari buah itu kadang-kadang berkhasiat obat.

Contohnya daun jambu biji. Daun jambu biji ternyata memiliki khasiat tersendiri bagi tubuh kita. Entah untuk kesehatan maupun untuk untuk obat penyakit tertentu.

Teraphis herbal, Peter(Abdul Qadir Djaelani) beberapa waktu lalu mengatakan, daun jambu biji memiliki khasiat tersendiri bagi tubuh kita. Sebagai herbalis beliau mengatakan, daun jambu biji bisa mengobati penyakit disentri dan muntaber.

"Daun jambu biji ini baik untuk kesehatan. Daunnya terkenal mengatasi diare dan disentri. Selain daunnya, buahnya ini memiliki khasiat khusus juga untuk meringankan beragam penyakit," kata Peter, Jumat 20 April.

Dalam penelitian yang telah dilakukan ternyata daun jambu biji memiliki kandungan yang banyak bermanfaat bagi tubuh kita, diantaranya, antiinflamasi, antimutagenik, antimikroba, dan antianalgesik.

"Daun jambu biji juga mengandung zat antibakteri sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena disentri," kata dia.

Tidak hanya itu , beberapa senyawa kimia juga terkandung dalam daun jambu biji, seperti polifenol, karoten, flavonoid, dan tinnin, seperti yang dikutip dari rasyid.corner.blogspot.com. Dengan begitu, banyaknya kandungan yang terdapat dalam daun jambu biji tersebut, diperkirakan memiliki antioksidan yang erat khasiatnya dalam mengobati pelbagai penyakit.

Lebih lanjut Peter menjelaskan tentang khasiat daun jambu biji sebagai antioksidan. Menurut dia, daun jambu biji lokal lebih banyak mengandung antioksidan.

0 komentar:

Posting Komentar