Selasa, 03 Januari 2012

Cara Cerdas Memilih Buah


Memilih buah, gampang-gampang susah. Terkadang kulitnya berwarna cantik menggiurkan, ternyata rasanya tidak sesuai.

Agar tidak menyesal dengan kualitas buah yang dibeli, simak tip berikut:


1. Jeruk

Buah yang seolah tak pernah mengenal musim ini berkhasiat untuk keindahan dan kecantikan kulit. Pilih buah jeruk yang benar-benar kuning, bukan kuning terang. Selain itu periksa kulitnya. Ambil jeruk yang berkulit tipis dan mengilap. Khusus Jeruk medan, pilih yang buahnya berat, sedikit berlekuk dan dekok bila diraba.

2. Mangga

Anda dapat memilih mangga yang ujung tangkainya bewarna kuning atau kekuningan. Pilih juga yang harumnya manis sampai ke ujung buah. Di pangkalnya harum dan lebar. Kulitnya mulus dan kencang, tidak mengerut.

3. Durian

Bila durinya sudah melebar dan agak lunak, duren bisa dibilang bagus. Pilih juga yang beraroma harum dengan kulit tidak bolong. Bila dipukul-pukul bunyinya buk… buk….dan berat mantap.Jangan pilih yang bulat bagus, tapi pilih yang bentuknya agak aneh, biasanya rasanya nikmat.

4. Semangka

Semangka biasanya ditepuk - tepuk untuk mendengar ‘kopong’ atau tidak. Semakin kopong berarti kurang banyak airnya dan kurang bagus.

5. Melon

Pilih dengan bekas bulatan tangkainya yang kelihatan mekar. Jangan lupa cari melon yang guratan uratnya banyak dan tebal.

6. Manggis

Sebaiknya pilih yang kulitnya lembut bila dipencet atau diraba. Sedangkan warnanya, pilih yang ungu tua segar. Raba dulu seluruh permukaan. Jika masih ada yang keras itu artinya bagian tersebut masih mentah atau sudah busuk.

7. Alpukat

Bagaimana memilih alpukat yang lezat? Pilih yang kulitnya hijau tua, tandanya sudah matang. Permukaan kulitnya licin. Kalau kulitnya hijau segar, berarti masih muda.
Ciri lain, pada pangkal buah tempat melekatnya tangkai buah, tidak bodong (menonjol) tapi justru tertarik ke arah dalam. Alpukat dengan warna hijau maupun tembaga, biasanya lebih enakjika sudah tua/matang.

8. Belimbing Manis

Belimbing yang bagaimana sih yang lezat? Jawabnya, yang matang dipohon. Ciri-cirinya kulit mengkilat, warna kuning segar (kecuali belimbing demak kapur yang memang putih),
daging buah pada rusuk-rusuknya tampak penuh. Setelah dipetik, disimpan lebih dulu selama 2 hari agar rasanya lebih manis.

9. Jambu Biji

Sebaiknya pilih jambu biji yang buahnya besar, dagingnya tebal serta lunak, rasanya manis dan bijinya sedikit atau sama sekali tidak berbiji. Ciri-ciri unggulan tersebut hanya terdapat padajambu impor, misalnya jambu bangkok.

10. Nanas

Semua nanas rasanya manis karena mengandung beberapajenis gula buah. Tapi jenis daging buahnya putih, tidak semanis yang kuning. Oleh karena itu, pilih nanas yang kulit dan dagingnya berwarna kuning seperti nanas Bogor, nanas Palembang dan nanas Blitar/Kediri. Jika menginginkan nanas yang lebih asam untuk rujak atau campuran masakan, pilih yang kulit buahnya berwarna hijau, daging buahnya putih seperti nanas Subang, nanas Banten atau nanas Semarang.



Sumber: Kartini, Maret 2006

█AdDaun.blogspot.com

1 komentar:

Rahmat Syahban mengatakan...

Jika Anda termasuk orang yang sering bermasalah dalam hal pencernaan, pilihlah pepaya dan semangka sebagai buah yg Anda konsumsi sehari-hari karena tidak mengandung asam dan banyak mengandung serat.

Posting Komentar